Cara Merawat Baterai HP OPPO agar Tidak Mudah Rusak

Smartphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan bisa dikatakan bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa smartphone. Jika smartphone tertinggal, hilang, atau rusak pastinya akan membuat Anda pusing dan menyulitkan dalam beraktivitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat dan menjaga smartphone dengan baik. Baterai merupakan komponen penting dalam smartphone. Baterai yang rusak akan membuat ponsel cepat mati, sehingga akan sangat menyusahkan dalam beraktivitas. Namun, kebanyakan orang tidak merawat baterai dengan baik, akibatnya baterai cepat rusak dan dayanya cepat habis. Agar baterai smartphone awet dan tidak mudah rusak, berikut beberapa cara merawat baterai HP Oppo yang dapat dipraktikan.

Cara merawat baterai smartphone

Penggunaan baterai smartphone yang salah akan menyebabkan baterai cepat rusak, sehingga menjadi cepat habis. Berikut beberapa cara merawat baterai HP Oppo yang dapat diterapkan.

  1. Memakai charger asli. Saat ini banyak kabel charger yang dijual dengan berbagai harga. Namun, kabel charger tersebut biasanya tidak sesuai dengan daya baterai HP. Memakai kabel charger asli akan mencegah baterai cepat rusak, karena telah disesuaikan dengan kebutuhan daya baterai.
  2. Langsung mencharge ketika sudah 20%. Banyak orang yang suka menunda mencharge HP sampai baterai benar-benar habis. Untuk menghindari baterai cepat rusak, biasakan mencharge HP ketika baterai tinggal 15-20%.
  3. Hindari menggunakan power bank. Kebiasaan mencharge HP menggunakan power bank ternyata juga tidak baik. Sama seperti mencharge HP menggunakan kabel yang tidak asli, mencharge menggunakan power bank akan membuat baterai cepat rusak dan HP akan cepat panas.
  4. Hindari overcharge. Kebiasaan banyak orang adalah mencharge HP saat tidur dan membiarkannya sampai pagi. Kebiasaan ini harus segera diubah, karena akan membuat baterai HP cepat rusak.
  5. Menutup aplikasi yang sudah dibuka. Aplikasi yang tidak ditutup akan tetap berproses, hal ini akan membuat baterai cepat habis. Inilah yang menyebabkan HP tiba-tiba menjadi mati padahal tidak digunakan. Aplikasi yang tidak ditutup disertai dengan jaringan internet yang tidak stabil akan membuat baterai HP semakin cepat habis.

Cara mencharge HP dengan benar

Salah satu cara merawat baterai HP Oppo adalah dengan mencharge dengan benar. Kebiasaan mencharge HP yang salah, akan menyebabkan baterai cepat habis. Berikut akan dijelaskan cara mencharge HP dengan benar.

  1. Mengisi tidak sampai 100%. Banyak orang yang berpendapat bahwa mencharge HP harus sampai penuh 100%, agar baterai tidak cepat rusak. Sebenarnya yang paling baik adalah mencharge sampai 80% atau 90%. Jadi bagi Anda yang sering mencharge HP tidak sampai penuh, tidak usah khawatir baterai akan cepat rusak.
  2. Mematikan ponsel saat mencharge. Saat mencharge, sebaiknya HP dimatikan. Memang tidak ada yang salah ketika mencharge saat HP menyala. Namun, lebih baik jika dimatikan, karena dapat membuat baterai lebih awet dan proses mencharge lebih cepat.
  3. Menurunkan kontras layar. Kontras layar yang terlalu tinggi akan membuat baterai cepat habis. Jika mencharge sambil HP menyala, sebaiknya kontras layar diturunkan. Hal ini akan membuat proses mencharge berjalan dengan baik, dan baterai akan terisi dengan cepat.
  4. Hindari mencharge lewat port USB PC atau laptop. Sebaiknya mencharge HP menggunakan kabel charge asli dan hindari mencharge menggunakan port USB PC atau laptop. Hal ini akan membuat proses pengisian baterai menjadi lambat, karena arus yang masuk hanya 0,5 Ampere saja. Pengisian yang lama akan membuat HP panas, sehingga baterai akan cepat rusak.
  5. Melepas casing HP. Mencharge dengan casing masih terpasang akan membuat HP cepat panas. Hal ini disebabkan chasing dapat menghambat proses pembuangan hawa panas akibat proses mencharge.
  6. Menge-charge di pagi hari. Banyak orang yang biasa mencharge di malam hari dan membiarkannya sampai pagi hari. Proses mencharge seperti ini akan membuat baterai cepat rusak. Saat ini HP sudah dipasang pemutus daya otomatis, jika baterai sudah penuh. Namun, mencharge HP semalaman tetap harus dihindari, sebaiknya mencharge di pagi hari sebelum berangkat kerja. Apalagi saat ini, HP sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, tentunya akan semakin mempermudah dalam proses mencharge HP.
  7. Menggunakan baterai HP original. Jika baterai HP sudah rusak, sebaiknya mengganti dengan baterai asli. Proses charge baterai palsu akan membutuhkan waktu yang lama, sehingga akan membuat HP cepat panas. Jika hal ini terus terjadi maka HP akan berisiko rusak. Oleh sebab itu, rawatlah baterai bawaan dengan baik, karena mencari baterai yang asli susah dan tentunya harganya mahal.

Tips menghemat baterai HP

Seperti yang sudah diketahui, baterai merupakan komponen penting dari HP. Baterai yang cepat habis, akan membuat HP cepat mati. Oleh karena itu, penting menerapkan cara merawat baterai HP Oppo dengan baik agar baterai tidak cepat rusak dan dayanya tidak cepat habis. Apalagi menggunakan power bank ternyata juga tidak bagus untuk HP. Tentunya hal ini sangat menyulitkan, terutama saat sedang berpergian. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai HP.

  1. Mencharge HP setiap ada kesempatan. Menge-charge baterai setiap ada kesempatan merupakan cara paling gampang untuk menghindari baterai cepat habis. Anda tidak perlu menunggu daya HP sampai penuh, karena mencharge HP sampai kurang lebih 80% adalah yang terbaik.
  2. Menggunakan background warna hitam. Jika HP memiliki layar AMOLED, sebaiknya menggunakan warna background gelap atau hitam agar daya baterai tidak cepat habis. Penggunaan warna background terang akan semakin membuat daya baterai cepat habis.
  3. Hindari penggunaan Auto-Brightness. Menggunakan Auto-Brightness memang akan memudahkan dalam mengatur kecerahan layar secara otomatis. Namun, terkadang layar menjadi terlalu cerah, sehingga penggunaan daya baterai juga semakin besar. Sebaiknya gunakan pengaturan kecerahan manual, agar dapat menghemat daya baterai HP.
  4. Mematikan getar. Penggunaan getar ternyata dapat menghabiskan banyak daya baterai dibandingkan ringtone. Jika tidak terlalu diperlukan sebaiknya matikan getar HP.
  5. Kurangi screen timeout. Pengaturan waktu otomatis layar mati yang lebih cepat akan menghemat daya baterai HP. Selain itu, kebiasaan mematikan layar otomatis jika tidak diperlukan juga dapat menghemat daya baterai.
  6. Matikan internet dan gunakan airplane mode. Jika sedang sibuk dan tidak membutuhkan internet, sebaiknya mematikan sambungan internet. Hal ini akan semakin menghemat penggunaan baterai. Selain itu, menggunakan airplane mode dapat dilakukan untuk menghemat baterai semakin maksimal.
  7. Update aplikasi. Aplikasi yang di-update akan membuat performa HP semakin baik. Selain itu, update aplikasi akan mengoptimalkan penggunaan memori dan baterai. Jika sudah tidak dipakai, sebaiknya hapus aplikasi untuk mengurangi penggunaan baterai.

Salah satu komponen penting dari smartphone adalah baterai. Cara merawat baterai HP Oppo yang dipraktikkan dengan baik akan membuat baterai awet, sehingga Anda dapat menggunakan smartphone dengan optimal. Anda bisa mempratikkan cara-cara di atas, untuk membuat baterai HP menjadi awet.

error: Content is protected !!